Cara Menggunakan WMIC di Windows 11

Cara Menggunakan WMIC di Windows 11 untuk Menemukan Semua Proses yang Berjalan

Temukan pembahasan lengkap tentang Cara Menggunakan untuk Menemukan Semua Proses yang Berjalan di sini.

Salah satu penyebab utama PC Windows lamban adalah proses yang berjalan di latar belakang. Anda dapat mengawasi proses pemborosan memori dengan membuka Task Manager, tetapi Anda juga dapat menggunakan baris perintah WMIC untuk melakukan hal yang sama.

Bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang menggunakan perintah teks pada Windows, mudah untuk melihat proses yang berjalan di latar belakang melalui baris perintah WMIC. Jika Anda ingin melihat daftar semua proses latar belakang menggunakan perintah WMIC, coba langkah-langkah di bawah ini.

Apa itu WMIC?

WMIC adalah singkatan dari Windows Management Instrumentation Command-Line, dan memungkinkan untuk melakukan operasi Windows Management Instrumentation (WMI). WMI adalah subsistem PowerShell, dan memungkinkan admin untuk memantau sistem secara efisien.

Dalam istilah awam, ia memeriksa semua informasi yang terkait dengan sistem. Ini termasuk nama sistem, nomor seri BIOS, detail Disk Drive, dll.

Bersama dengan daftar panjang fitur lainnya, alat Windows Management Instrumentation Command-Line (WMIC) tidak digunakan lagi dari Windows 10. Microsoft tidak lagi secara aktif mengembangkan alat ini untuk Windows 11; namun, Anda masih dapat menggunakannya di PC Windows Anda.

Ternyata, penyusutan hanya berlaku untuk alat baris perintah. Dengan demikian, WMI tidak akan berdampak buruk pada depresiasi. Windows PowerShell menggantikan alat WMIC untuk WMI, yaitu, Anda sekarang dapat menjalankan perintah di Windows PowerShell.

Cara Menggunakan untuk Menemukan Semua Proses yang Berjalan

Anda dapat memeriksa semua proses yang berjalan di latar belakang dengan Task Manager dan WMIC. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa WMIC menampilkan informasi rinci tentang proses latar belakang. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat berikut ini.

  • KernelModeTime
  • PageFileUsage
  • WriterOperationCount
  • PeakPageFileusage
  • WorkingSetSize
  • ReadTransferCount
  • ExecutablePath
Windows PowerShell showing the result on executing wmic command

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melihat proses yang berjalan di latar belakang menggunakan .

  1. Open the Start Menu, type Windows PowerShell, and press Enter.
  2. In Windows PowerShell, type wmic process list and press Enter.
Windows PowerShell showing background running processes

Setelah selesai, Anda akan melihat semua proses yang berjalan di latar belakang beserta layanan terkaitnya.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Pengelola Tugas Di Atas WMIC?

Salah satu alasan utama orang menggunakan Task Manager melalui WMIC adalah antarmuka pengguna. Namun, tanpa banyak usaha dari sisi pengguna, perintah WMIC menampilkan lebih banyak informasi tentang aplikasi yang berjalan di latar belakang daripada Task Manager.

Namun, pada saat yang sama, antarmuka WMIC membuatnya hampir mustahil untuk menelusuri data. Dan tidak peduli seberapa besar layar Anda atau resolusi yang digunakannya; masih sulit untuk melewati itu semua.

Namun, di Pengelola Tugas, semua statistik aplikasi latar belakang dipisahkan ke dalam kolom yang mudah dibaca. Sekilas Task Manager dan Anda dapat dengan cepat melihat CPU, Memori, Disk, dan konsumsi Jaringan dari berbagai aplikasi.

Di WMIC, Anda akan menemukan semua informasi ini dan banyak lagi, tetapi akan sangat sulit untuk mengidentifikasinya. Cara terbaik untuk membaca hasil perintah WMIC adalah dengan menggunakan aplikasi edit teks seperti Notepad++.

Dan terakhir, tidak ada metode langsung untuk menutup aplikasi latar belakang di WMIC. Pengelola Tugas memungkinkan Anda menutup aplikasi apa pun dengan sangat mudah; cukup klik kanan pada aplikasi apa pun dan pilih Akhiri tugas dari menu konteks. Tapi ini tidak terjadi dengan WMIC, karena tidak ada metode langsung untuk melakukan hal yang sama.

Kelola Proses Menjalankan Latar Belakang Dengan WMIC

Kami telah membahas bagaimana Anda dapat melihat semua proses latar belakang menggunakan WMIC pada Windows 11. Meskipun WMIC menampilkan lebih banyak informasi, Pengelola Tugas akan selalu berada di atas angin karena antarmuka pengguna.

Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sistem Anda, disarankan untuk tetap menghapus proses latar belakang yang tidak perlu. Ini akan memastikan bahwa PC Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk dialokasikan ke aplikasi utama.

Apabila kami melewatkan pembahasan tentang Cara Menggunakan WMIC di Windows 11 untuk Menemukan Semua Proses yang Berjalan , bantu beri tahu kami di kolom komentar ya!

Kamu bisa juga kunjungi halaman lainnya untuk melihat artikel terkini kami.

Terima kasih telah membaca.

About adminboothportable